Sabtu, 25 Mei 2019

The charm of the Qur'an for the European Emperor

Pesona Al Qur'an untuk Sang Kaisar Eropa



Napoleon Bonaparte kelahiran Ajaccio,perancis 15 Agustus 1769 Jenderal dan Kaisar Prancis Tersohor.tokoh yang menepati urutan ke 34 dibuku seratus tokoh paling berpengaruh dalam sejarah yang ditulis Michael H. Hart ini dikabarkan (pernah) masuk islam pada 2 juli 1798. Kabar ini memang menjadi kontrovesi. Sangat banyak yang meragukanya, bahkan menegaskan ketidak benaranya. sebagian menganggapnya sebagai basa-basi politik saja untuk menarik simpati saja.


      Peristiwa masuk Islamnya Napoleon dipercaya terjadi ketika ia berada dimesir,sewaktu dimesir ia tertarik pada Islam salah satunya ketika diajak menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri ribuan umat muslim.Majelis itu menyadarkan Napoleon akan kata-kata voltaire  yang mempercayai bahwa manusia memerlukan agama dalam hidup mereka,tokoh mualaf Inggris dalam bukunya,Satanic Voice-Ancient and Modern,menyebut bahwa surat kabar yang nantinya menjadi surat kabar resmi Prancis,Le moniteur,memuat keterangan-keterangan tentang perpindahan Napoleon ke Islam 23 tahun sebelum kematianya pada tahun 1821,bahkan menyebutkan nama muslimnya,Aly Napoleon Bonaparte
      Napoleon dikabarkan membuat pernyataan yang menunjukan keislamanya,misalnya dikabarkan berkata, "Rasulullah saw berhasil menuntun kehidupan kaum Arab yang jahil kepada jalan yang Benar,Mengajari mereka mengenai Allah,Allah yang satu: Tuhan yang tidak mempunyai bapa, tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai pendamping,sedangkan menyembah berbagai jenis tuhan merupakan satu budaya yang sangat kabur tetapi tidak lebih dari satu aspek pemajuan kepada berhala yang hanya merupakan patung-patung yang kosong." saat pertama kali menginjakan kaki di Palestina pada tahun 1799 ,sebelum bertempur dengan pasukan Turki Utsmani,Napoleon dengan menyandang serban dikepala juga dikabarkan mengatakan,"Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang . Saya Bonaparte,panglima perang tentara prancis kepada semua pemimpin disini ,para mufti dan penduduk Gaza,Ramlan dan Jaffa,semoga Allah melindungi kita semua."
      Napoleon bahkan disinyalir mengadopsi hukum Islam menjadi undang-undang hukum sipilnya yang dikenal dengan Code Napoleon. pada intinya napoleon kalaupun tidak masuk Islam tetapi sangat mengagumi Islam,mempelajarinya,dan mengadaptasi dalam menjalankan kekuasaanya,serta menjalani hubungan baik dengan para ulamanya,khususnya selama ekpedisinya di Mesir,bahkan dikabarkan mengatakan dihadapan para ulama dan rakyat mesir. "bahwa saya datang untuk mengembalikan hak-hak anda,yang telah dirampas oleh para penjajah,bahwa saya memuja Tuhan lebih dari pada kaum mamluk dan juga saya menghormati Nabi Muhammad saw dan kitab suci Al-Quran.Beri tahu para penjajah bahwa semua manusia itu sama dihadapan Tuhan,bahwa kecerdasan,kebijakan dan ilmu pengetahuanlah yang membedakan mereka semua."
     Salah satu faktor penting dalam Tranformasi pandangan napoleon terhadap islam adalah penelitian terhadap Al-Quran dan ia dikabarkan mengatakan : "Agama-agama selalu didasarkan pada hal-hal yang ajaib, seperti halnya Trinitas yang sulit dipahami. Yesus menyebut dirinya anak tuhan, padahal ia keturunan Daud. saya lebih menyukai agama Muhamad. Islam lebih terhindar dari hal-hal lucu ketimbang agama kita, orang-orang turki pun menyebut kita para penyembah berhala."
      "Saya menemukan kebenaran-kebenaran yang unggul dalam al-quran yang selama ini dikelirukan oleh kitab-kitab terdahulu yang manusia campur tangan didalamnya melalui kata-kata mereka sendiri,bukanya kata-kata Tuhan." tulis Napoleon
      Ketertarikan napoleon pada al-quran juga bisa ditelusuri dalam buku Napoleon and Islam oleh C. Cherflis. dibuku ini,napoleon dikutip pernah mengatakan "dalam waktu dekat ini ,jika berpeluang saya ingin menyatukan semua umat manusia melaluli budaya yang baik dan pemerintahanya yang mengayomi rakyatnya melalui prinsip yang tertulis dalam Al-Quran al-Karim."


      Semoga kita bisa mengambil ilmu dan manfaat dari kutipan buku yang saya baca ini kurang lebih nya saya minta maap .

Seperti kata seseorang : "Menuntut ilmu adalah taqwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir dan Mencari ilmu adalah jihad."

wassalamualaikum wr.wb
Share:

Popular Posts

Video Of The Day

Pages