Minggu, 30 Desember 2018

PENGERTIAN KRIMPING DAN CARA MENGGUNAKANNYA


TANG KRIMPING 



Apa kalian tahu apa itu tang crimping? Merupakan salah satu alat yang berguna untuk installasi jaringan, Tang ini bersungsi sebagai pembantu didalam pemasangan Konektor RJ45 ke kabel UTP(Unshield Twisted Pair)





Adapun untuk Cara Penggunaan Tang Crimping adalah sebagai berikut ini :


-Siapkan Kabel UTP panjang sesuai keinginan anda lalu tentukan warna pengkabelannya seperti dibawah ini . 



















-Irislah ujung dari kabel UTP menggunakan Tang Crimping kira-kira 1 cm, 

-Apabila sudah terkupas maka akan terlihat 4 pasang kabel dan masing-masing pasang ada 2 warna, jadi jumlah semuanya ada 8 kabel yang berbeda warna. 

-Urutkan sesuai warna pengkabelan yang anda tentukan lalu luruskan jangan sampai ada yang melenceng, setelah semua lurus dan warna sudah tertata secara urut maka rapikan ujung kabel supaya lurus dengan menggunakan Mata Pisau pada tang Crimping. 

-Setelah rapi, maka masukan secara perlahan ke konektor RJ45 sampai menyentuh ujung dari lubang pin konektor. Pastikan semuanya sudah menyentuh ujung untuk bisa dikatakan Crimpingan perfect. 

-Setelah dirasa semua sudah menyentuh ujung maka tahan kabel agar tidak kembali dan ambilah tang untuk menjepit konektor RJ45 supaya melekat pada kabel. Usahakan tekan kabel dengan kuat bersama dengan penekanan Tang Crimping. 

-Konektor UTP RJ45 pun sudah siap digunakan. 









Tugas pengantar Teknologi informasi
Teknik informatika STMIk BANI SALEH


Share:

Popular Posts

Video Of The Day

Pages